Berita DaerahWaykanan

225 CJH Way Kanan Siap Berangkat ke Tanah Suci Makkah

Way Kanan (Suarapedia.id) — Kementerian Agama (Kemenag) Way Kanan telah memastikan bahwa sebanyak 225 Calon Jemaah Haji (CJH) siap untuk mengikuti pelaksanaan ibadah haji 1443 H/2022 di tanah suci Makkah.

Pihaknya menyatakan, saat ini tinggal menunggu keputusan terkait penetapan kuota keberangkatan jemaah oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

“Semua CJH sudah terima vaksinasi dosis 1, 2 dan 3 (booster). Persiapan telah matang, semuanya sudah siap untuk berangkat. Tinggal menunggu penetapan kuota oleh Kemenag RI,” kata Pelaksana Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Way Kanan, Slamet Karyadi, Rabu, (30/03/2022).

Dia mengatakan vaksinasi tetap menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi oleh CJH. Meski, Pemerintah Arab Saudi telah melonggarkan beberapa aturan mengenai covid-19 saat pelaksanaan haji tahun ini.

Kemenag berharap semua CJH nantinya dapat berangkat sesuai dengan kuota yang ada. Sebab, hingga kini seluruh daerah di Indonesia masih menunggu penetapan kuota keberangkatan dari Kemenag RI.

“225 CJH yang terdiri dari 70 lansia dan 155 non lansia menjadi prioritas keberangkatan. Semuanya sudah melunasi seluruh biaya BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji),” ungkap dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan setiap jemaah calon haji harus melakukan pemeriksaan kesehatan ulang pada masa tunggu dan sebelum keberangkatan (istitha’ah).

“Ketika kuota diberikan, nantinya jamaah harus melakukan proses istitha’ah yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan setempat, ini juga syarat wajib, agar dapat menjalankan ibadah haji,” ujar dia. (MOES)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button