Berita DaerahBerita Media GlobalKabar LampungMesujiRagam

Istighosa dan Pagelaran Wayang Kulit Semaraki Tepat 29 Tahun Usia Desa Dwi Karya Mustika

Redaksi Daerah

Mesuji Lampung,(Suarapedia.Id) – Pemerintah Desa Dwi Karya Mustika (DKM), Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji menggelar berbagai kegiatan Lomba dan kegiatan seni sebagai hiburan untuk masyarakat nya dalam rangka memeriahkan hari jadi desa DKM yang ke-29 tahun, tepat pada tanggal 27 November 2022.

Sejarah Singkat Desa DKM’ Desa DKM merupakan desa Transmigrasi lokal (Translok) yang terbentuk pada bulan November tahun 1993 silam. Masyarakat yang masuk Tranmigrasi ke desa DKM berasal dari daerah Majapahit, Pagelaran, Kasui,dan Wonosobo yang lebih kurang berjumlah 491 Kepala Keluarga (KK) pada saat itu kata Kepala Desa DKM Edy Santoso

 

Di Lanjutnya, dihari ulang tahunnya tahun 2022 seluruh masyarakatnya akan selalu kompak dan bersatu untuk desa DKM yang lebih baik dan maju kedepannya.

“Ya, tahun 2022 ini, desa DKM genap berusia 29 tahun. Dimana sejarah desa DKM yaitu awalnya masyarakat yang tinggal disini merupakan masyarakat Translok yang berasal dari Majapahit berjumlah 160 KK, Pagelaran 168 KK, Kasui 100 KK dan Wonosobo 60 KK,”urainya.

Masih di Katakan Edy lagi, total masyarakat Transmigrasi ke desa DKM yaitu sebanyak 491 KK hingga tahun 2022, jumlah KK bertambah menjadi 604 KK dengan jumlah penduduk saat ini sebanyak 1.938 jiwa, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 1001 orang, dan perempuan 937 orang, dengan pekerjaan masyarakat desa setempat mayoritas petani sawah dan kebun.

“Untuk itu, setiap tanggal 27 November, kita peringati sebagai hari jadi desa DKM, sementara untuk nama desa Dwi Karya Mustika kita ambil hasil musyawarah bersama antara tokoh masyarakat yang ada pada waktu itu,”jelas Edy Santosa, Senin (28/11/2022).

Selanjutnya, untuk mengenang dan memperingati hari jadi desa DKM pihaknya bersama perangkat desa dan kerjasama seluruh masyarakat menggelar berbagai perlombaan, hingga acara doa bersama (Istighosah) serta hiburan pertunjukan seni wayang kulit untuk seluruh masyarakat.

“Pada Moment Hut desa DKM yang ke-29 ini ini kita menggelar berbagai acara hingga pagelaran wayang kulit,dan istighotsah doa bersama “terangnya.

Ya,Sebelum puncak Kegiatan ini Sambung Edi lagi, ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan diantaranya Open turnamen Voli Bal putra yang dimulai sejak tanggal 19 November, dilanjutkan dengan Batminton Ganda Putra, Lomba Gaple dan Lomba kebersihan lingkungan Hadroh/Mawalan. Selain itu, Hiburan seperti pertunjukan seni Kuda Lumping, dilanjut dengan hiburan Wayang kulit, dan istighotsah doa bersama yang akan dilaksanakan tanggal 29 Nopember 2022 besok.

“Semua rangkaian kegiatan kita laksanakan di Balai Desa, Gedung Serba Guna (GSG) dan lapangan desa DKM dengan tema HUT kali ini, yaitu ‘Desa Dwi Karya Mustika Membangun Kita Bisa’.”Tandasnya.(Drm/Rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
perihoki perihoki perihoki perihoki robot dewa hack robot biru hack lapak cheat iblis merah hack jackpot besar mahjong ways perihoki
jago78