Berita DaerahWaykanan

Bupati Adipati : Hadirnya UPZ Baznas, Manfaat Zakat Harus Dirasakan Masyarakat.

Way Kanan (Suarapedia.id) — Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya menyatakan keberadaan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) dapat meningkatkan kinerja Baznas untuk menjadi lebih baik lagi. Sehingga, keberadaannya semakin dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Menurut dia, sebagai lembaga pemerintah non-struktural di bawah naungan Kementerian Agama, Baznas merupakan instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan oleh umat islam.

“Kepada pengurus yang baru dikukuhkan, agar terus berinovasi dalam memberikan layanan, sehingga manfaat daripada zakat dapat lebih dirasakan masyarakat,” kata Bupati Adipati dalam acara Pengukuhan UPZ dan Penyerahan Bantuan Modal Usaha Kepada UMKM dan Bantuan Sembako Kepada Mustahiq , Di Aula Kemenang Way Kanan , Rabu, (13/4/2022).

Adipati mengatakan zakat merupakan salah satu instrumen kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian. Zakat selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak langsung dapat membantu APBN dan APBD.

“Hasil kajian menunjukkan bahwa, secara umum lahirnya UU nomor 23/2011 tentang pengelolaan zakat sangat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan zakat,” kata Adipati.

Bupati meminta kepada pengurus UPZ agar banyak-banyak melakukan sosialisasi terkait manfaat zakat. Serta, meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Way Kanan.

Selain itu, diketahui pada acara tersebut BAZNAS menyerahkan bantuan sebanyak 900 paket sembako Ramadan, serta bantuan modal usaha sebesar Rp50 Juta untuk pelaku UMKM.

“Bantuan ini merupakan bentuk dukungan bagi pelaku usaha UMKM. Diharapkan dapat menggerakkan kembali roda perekonomian masyarakat,” ungkap Bupati. (MOES)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button