Berita DaerahWaykanan

Pengurus Gerakan Pramuka Way Kanan Dilantik

Way Kanan (Suarapedia.id) — Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan masa bakti 2021-2026 resmi dilantik.

Wakil Gubernur Lampung selaku Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Lampung, Chusnunia Chalim alias Nunik mengatakan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam program kegiatan Kwarcab. Hal yang utama adalah pembentukan karakter generasi penerus yang berjiwa mulia dan memiliki rasa nasionalisme tinggi.

“Pramuka menjadi wadah pembentuk karakter generasi penerus (Character Building) bagaimana anak-anak menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai kepramukaan,” kata Nunik di GSG Pemkab Way Kanan, Senin, 13 Juni 2022.

Nunik berkomitmen akan meningkatkan peran serta dan kepedulian pramuka kepada masyarakat dalam kampanye anti narkoba, menangkal penyebaran berita hoaks dan mengurangi penggunaan kertas (paperless).

Menurut dia tugas gerakan roda organisasi yang dijalankan ditengah situasi pandemi covid-19 bukanlah suatu hal yang mudah. Untuk itu tantangan harus dijawab dengan kreativitas dan inovasi.

“Gerakan pramuka kedepan harus menjadi pemenang dalam menjawab setiap tantangan yang ada,” ujarnya.

Dia juga meminta supaya Mabicab mendukung penuh setiap misi yang dilaksanakan gerakan pramuka, karena selaras dengan program pemerintah.

Sementara itu, Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya setelah dilantik menjadi Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Way Kanan, meminta Kwarcab untuk memperkuat solidaritas dan sinergi di dalam gerakan pramuka.

Menurut dia, pramuka memiliki fungsi strategis di era saat ini untuk mencetak generasi unggul bangsa, sebagai modal utama untuk meneruskan estafet kepemimpinan yang akan datang.

“Untuk itu dibutuhkan komitmen yang kuat, loyalitas, kejujuran dan siap bekerja keras, wajib mulai dipersiapkan mulai saat ini,” kata dia.

Adipati mengatakan pramuka memegang peran penting dalam mencetak generasi unggul bangsa yang berkarakter sebagai calon pemimpin di masa depan.

Dia menilai konsolidasi dan sinergi dengan pemerintah melalui OPD maupun organisasi lain menjadi modal yang bisa memperkuat gerakan pramuka.

“Upaya menciptakan Way Kanan Unggul dan Sejahtera menuju Lampung Berjaya” ujar dia.

Sementara itu Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Way Kanan mengatakan akan memajukan pembinaan generasi penerus, menyukseskan program pemerintah, terutama kaitannya dengan pemulihan ekonomi masyarakat terdampak covid-19.

“Saat ini potensi jumlah peserta didik Kwarcab Way Kanan sebanyak 81.796. Potensi jumlah anggota dewasa yaitu pembina, andalan, mabi dan staf berjumlah 1.207 anggota. Jumlah potensi gugus depan sebanyak 640 orang,” kata dia.

Diketahui, Raden Adipati Surya dan Ali Rahman dilantik berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Daerah Pramuka Lampung nomor 88/2021 tentang susunan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Way Kanan Masa Bakti 2021-2026. (MOES)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button