Berita TerkiniKota Metro

Walikota Metro menghadiri Pengukuhan DPD PERHIPTANI Kota Metro Masa bakti 2022 – 2027

Suarapedia id. Metro— Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menghadiri acara Pengukuhan Anggota Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (DPD PERHIPTANI) Kota Metro Masa Bhakti 2022-2027. Acara ini dilaksanakan di Gedung Nuwo Budayo Kota Metro, Kamis (27/01/2022).

Ketua DPW PERHIPTANI Sutono, menjelaskan PERHIPTANI adalah organisasi profesi dibidang penyuluhan yang mempunyai tugas mendampingi para petani, peternak, dan pekebunan. Pengukuhan ini agar bisa mengerti masalahnya-masalah petani dalam budidaya dan bercocok tanam.

Sutono juga mengatakan, pengukuhan kali ini bertemakan ‘PERHIPTANI Kota Metro Siap Bersinergi Dalam Membangun Kota Metro Menuju Kota Eduwisata, Petani Yang Sehat dan Sejahtera’. Untuk pengurus PERHIPTANI Kota Metro, mendapat tantangan terkait pemasaran dengan menggunakan inovasi dan teknologi yang dimiliki untuk mensejahterakan petani, peternak dan perkebunan.

” Lampung bukan daerah produsen tetapi Lampung bisa membuat terobosan untuk penjualan hasil produk-produk pertanian. Hasil produk ini seperti kopi luwak di Kota Metro yang mengunakan teknologi fermentasi,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Metro Wahdi mengucapkan selamat kepada Anggota Pengurus Wilayah (DPW) PERHIPTANI Kota Metro. Dengan harapan pelantikan ini guna memajukan bidang pertanian di Kota Metro. Diperlukan keseriusan untuk mengelola sumber daya manusianya yang saat ini masih terbatas.

“Saya menilai dari penyuluh ini nantinya akan dapat meningkatkan kualitas dan meningkatkan inovasi. Dimana tantangan selanjutnya bagaimana mengelola luas lahan pertanian yang semakin berkurang, bisa menghasilkan sesuatu yang lebih produktif. Selain itu juga kita ingin adanya pola pertanian berkelanjutan seperti pertanian organik, munculnya agro ekonomi termasuk dalam senter of nolis,” kata Wahdi.

Wahdi mengatakan, penyuluh pertanian adalah orang yang bertugas memberikan dorongan kepada petani, agar mampu mengubah cara berfikir, pandang, bekerja, dan cara hidup yang lebih sesuai dalam perkembangan teknologi. Pertanian dapat dikatakan sebagai garda terdepan, untuk meningkatkan kualitas petani yang berperan sebagai perantara dan penghubung informasi untuk petani maupun dari petani.

Wahdi meminta, PERHIPTANI harus dapat memberikan informasi perkembangan tehnik cara bertani kepada petani yang ada di Kota Metro. Menyampaikan aspirasi dari petani kepada pembuat kebijakan .

“Semoga kepengurusan DPD di Kota Metro, dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pertanian di Kota Metro,” ujarnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bantuan bibit cabe ke kelompok tani dan KWT di Kota Metro. Penyerahan ini sebagai wujud program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh petani. (Irul )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button