Berita DaerahBerita Media GlobalBerita TerkiniKabar LampungMesujiRagam

Giat Sosialisasikan Program JAMSOSTEK, Ini Tujuan Disnakertrans Mesuji

Redaksi Daerah

Mesuji Lampung,(Suarapedia.Id) – Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mesuji melaksanakan sosialisasi Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK) bagi organisasi perangkat daerah dan pimpinan perusahaan di Kabupaten Mesuji, bertempat di Aula Tabek Oy Kantor Bupati Mesuji pada, Rabu 12 Oktober 2022.

Dalam kesempatan tersebut hadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Mesuji, Sekretaris Perangkat Daerah Se-Kabupaten Mesuji, Kepala Bagian Sekretariat Kabupaten Mesuji, Sekretaris Kecamatan Se-Kabupaten Mesuji, Perwakilan RSUD Ragab Begawe Caram Kabupaten Mesuji, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tulang Bawang, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Mesuji, dan Pimpinan Perusahaan Se-Kabupaten Mesuji.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mesuji Najmul Fikri, dalam Laporannya mengatakan tujuan dari sosialisasi ini agar terakomodirnya kepesertaan karyawan/pekerja, Tenaga Harian Lepas (THL) dan Pekerja Rentan di Kabupaten Mesuji pada Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK).

Sosialisasi ini diharapkan agar Perusahaan Se-Kabupaten Mesuji dan Perangkat Daerah Kabupaten Mesuji dapat meningkatkan kesejahteraan Pekerja/Karyawannya dan Perlindungan Sosial melalui keikutsertaan pada Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja serta diharapkan pula terselenggaranya Jaminan Sosial yang menyeluruh bagi Pekerja/Karyawan dan Pekerja rentan di Kabupaten Mesuji.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Indra Kusuma Wijaya, yang mewakili Penjabat Bupati Mesuji dalam sambutannya mengapresiasi dan mendukung kegiatan sosialisasi ini, dengan harapan para peserta sosialisasi mendapatkan Pemahaman mengenai Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja dari para narasumber yang memiliki kompetensi dalam bidangnya masing-masing Dalam pemaparan sosialisasi pihak BPJS Ketenagakerjaan diwakili oleh Account Representative Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Tulang Bawang Zelwia Tiasmitha, menyampaikan informasi mengenai Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja bagi penerima upah dan bukan penerima upah, juga manfaat dari program tersebut, serta besaran iuran yang dibayarkan.

Sedangkan dari pihak BPJS Kesehatan cabang Mesuji disampaikan oleh Kepala Cabang Dian Sucipto, yang memberikan informasi terkait dengan Jaminan Kesehatan dan Manfaat Layanan Kesehatan dalam program JKN-KIS, serta peningkatan mutu layanan BPJS Kesehatan dengan penggunaan Pelayanan Administrasi Melalui Nomor Whatsapp (PANDAWA) melalui Chat Assistant JKN (CHIKA).

Pada kesempatan diskusi, peserta sosialisasi berharap agar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dapat meningkatkan pelayanan dan perluasan mitra fasilitas kesehatan untuk memudahkan masyarakat kedepannya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mesuji, Najmul Fikri, mengharapkan para peserta untuk menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan yaitu Mobile JKN yang memuat informasi tentang lokasi faskes, ketersedian tempat tidur, pendaftaran peserta baru, informasi peserta, pendaftaran pelayanan antrean dan konsultasi dokter.

Selain itu Najmul Fikri Berharap juga para peserta untuk menggunakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jamsostek Mobile (JMO) yang memuat informasi tetang layanan pembayaran iuran peserta serta informasi lain seperti kepesertaan, saldo, dan klaim manfaat program.

Di akhir acara, Najmul Fikri berharap aplikasi mobile dari BPJS Kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan dapat memudahkan pelayanan kepada masyarakat.(Dis/Dmr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button