Berita DaerahBerita Media GlobalBerita TerkiniMesujiRagam

Perayaan HUT Ke 14, Ratusan Peserta ikuti Festival Sungai Mesuji, ” Slogan”, Pantang Pulang Sebelum Padam

Redaksi Daerah

Mesuji Lampung,(Suarapedia.Id) – Memperingati 14 Tahun Kabupaten Mesuji Pemkab Mesuji Mengelar Bebrgai Rangkaian Perlombaan salah satunya Fertival Sungai Mesuji (Perlombaan Hias Perahu dan dayung Perahu) yang di laksanakan di sungai Mesuji Desa Wiralaga II kecamatan Mesuji  Rabu (23/11/22).

Tampak hadir pada Kegiatan itu, Dandim 0426/Tulang Bawang, Kol.Inf. Triano Iqbal, S.I.P.,M.I.P atau yang mewakili,Kapolres Mesuji, AKBP Yuli Haryudo,S.E. atau yang mewakili, Kajari Mesuji Azy Tyawardana, S.H.,M.H. ,Ketua Pengadilan Agama Mesuji Helson Dwi Utama, S.Ag.,M.Ag. , Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mesuji, H. Johan Yusuf, S.Ag.,M.Pd.I. ,Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Syamsudin S,Sos. ,Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mesuji Ibu Pori Karlia Sulpakar, S.Pd. ,Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mesuji, Ibu Chosiatun Syamsudin, ,Staf Ahli, Asisten, dan Kepala OPD pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Mesuji serta Para Peserta Perlombaan.

Festival Sungai Mesuji

Sebelum kegiatan di Mulai, Pejabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar,.M.M. yang di wakili sekdakab Mesuji Syamsudin,.S.Sos. Menyampaikan’  Dipagi hari yang cerah ini, akan bersama kita laksanakan Kegiatan Festival Perahu dalam rangka memperingati HUT ke 14 Kabupaten Mesuji, semoga Kegiatan ini senantiasa mendapatkan Ridho dari Allah SWT. Dan kepada kita semua yang hadir di tempat ini, saya mengajak untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang dilimpahkan ALLAH SWT kepada kita sehingga kita diberi kesempatan untuk dapat berkumpul memeriahkan Festival Perahu Hias Tahun 2022 dalam keadaan sehat wal afiat. Jelasnya

”  Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Mesuji mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang Turut serta memeriahkan kegiatan ini.

Di Tambahkan sekdakab, Festival Sungai Mesuji yang kita selenggarakan ini, selain menjadi bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-14 Kabupaten Mesuji, juga merupakan agenda tahunan yang menjadi ciri khas Kabupaten Mesuji sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk mempopulerkan pesona Sungai Mesuji yang memiliki potensi pariwisata dan ekonomi.

Hiasan unik dan menarik pada festival sungai Mesuji

Selain itu, Festival ini merupakan salah satu upaya nyata dalam melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan Pariwisata serta Budaya Lokal yang dimiliki Kabupaten Mesuji, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing.

Ya, Kegiatan ini memang sangat identik dengan Sungai Mesuji, karena dari sepanjang tepi sungai inilah Kabupaten Mesuji berawal. Di desa-desa tua sepanjang sungai ini pula para leluhur kita dahulu memulai peradaban. Dan tidak dapat dipungkiri, sejak ratusan tahun yang lalu sampai dengan saat ini yang Mana Sungai Mesuji menjadi urat nadi kehidupan masyarakat kita, Berbagai aktivitas dan hubungan antardaerah yang dilakukan dengan memanfaatkan Sungai Mesuji saat itu, telah menghidupkan perekonomian masyarakat Mesuji. Perkampungan-perkampungan di sepanjang tepi Sungai ini pun menjadi “Halaman Muka” bagi setiap orang yang datang. Dengan potensi keindahan alam yang ada, saya berharap bahwa Sungai Mesuji Kedepan menjadi salah satu destinasi wisata popular di Provinsi Lampung dan nasional. Jelasnya

Masih di tambahkan Sekdakab,Tak hanya Lomba Hias Perahu , pada hari ini pula akan diadakan Lomba Perahu Dayung, Perlombaan ini dapat menggambarkan Semangat, Kekompakan dan jiwa Kompetisi Masyarakat Mesuji, oleh sebab itu jangan cederai nilai nilai yang baik ini, marilah senantiasa kita junjung tinggi Sportivitas, jangan ada kecurangan yang dapat membahayakan.

“saya berpesan kepada seluruh Masyarakat agar tetap menjaga kelestarian dan kebersihan daerah di sekitar sungai, untuk ekosistem yang berkelanjutan.

dengan mengucap “Bismillahirahmanirrahim”, Festival Sungai Mesuji Tahun 2022 dalam rangka HUT ke-14 Kabupaten Mesuji, secara resmi saya nyatakan “DIMULAI.” Tutup Sekdakab.

Sementara itu, Di sungai Mesuji Terlihat Jelas Puluhan Perahu Hias Berapungan di Sungai Mesuji, dengan semangat dan slogan pantang Pulang sebelum Padam Para peserta perahu Hias Menaiki perahu sambil menikmati indahnya sungai mesuji dan menunggu Tim Penilai yang menyatakan Perahu mana yang Layak menjadi pemenang pada perlombaan Perahu hias di Perayaan Ulang Tahun ke 14 kabupaten Mesuji.(Dmr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button