Pesisir Barat

Perhelatan World Surf League Krui Pro QS 5000 Tahun 2022 Resmi Hari ini Mulai Digelar.

Krui, Pesisir Barat (suarapedia.id ). Hari Ini Kegiatan World Surf League (WSL) Krui Pro QS 5000 Tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Salahudin Uno, digelar dipantai Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Sabtu (11/06/2022).

Mendampingi Menteri Pariwisata, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Anggota DPR RI Mukhlis Basri, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Subianto didampingi Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Pandra dan Dirpamobvit Polda Lampung Kombes Pol Joko Bintoro.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Pesisir Barat DR, Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H, Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H, Ketua Umum TP-PPK Kab. Pesisir Barat Hj. Septi Istiqlal, Ketua DPRD Kab. Pesisir Barat Nazrul Arif, Kodim 0422/LB Letkol Czi Anthon Wibowo, Kapolres Lampung Barat AKBP Hadi Saepul Rahman S.lk, para OPD terkait serta tamu undangan.

kedatangan Menteri Pariwisata disambut langsung oleh Bupati Pesisir Barat DR, Drs. H. Agus Istiqlal, S.H., M.H beserta jajaranya dengan mempersembahkan tarian budaya alam gemiser dan tarian pencak silat khas budaya Pesisir Barat kemudian dilanjutkan mempersembahkan warisan budaya Lampung yakni Bebai nyuncun pahar, dalam rangka memeriahkan acara event Krui Pro QS 5000.
Bebai Nyuncun Pahar ini sendiri merupakan salah satu tradisi dan salah satu budaya dari suku Lampung, khususnya masyarakat adat sai batin yang berupa kebiasaan dan perilaku dalam berinteraksi dengan alam dan semesta serta melestarikan adat lampung.

Dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, SH.,MH. mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan memiliki efek domino UMKM bangkit, memberikan multi efek terhadap dunia olahraga dan perekonomian.
Bupati juga mengatakan mengatakan bahwa Kejuaraan Selancar Dunia atau World Surf League (WSL) Krui Pro 2022 yang merupakan upaya membangkitkan sektor pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Daerah itu setelah pandemi covid-19.

Selain sektor pariwisata yang diharapkan bisa bangkit dengan digelarnya kejuaraan selancar dunia ini. Kegiatan WSL Krui Pro pun menjadi salah satu upaya Pemkab dalam mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Daerahnya.
Dengan adanya acara WSL Krui Pro ini akan banyak orang-orang dari luar datang ke sini, jadi memang ini yang diharapkan setelah pandemi.

Kemudian dilanjutkan sambutan Menparekraf RI Sandiaga Uno mengatakan, Spot WSL Krui Pro merupakan terbaik yang ada di dunia, bahkan Sandiaga Uno menyebutkan bahwa spot surfing di Pantai Tanjung Setia yang menjadi lokasi WSL Krui Pro ini bukan spot yang kaleng-kaleng.
Mari wisata surfing ini, kita kembangkan, dan kenalkan destinasi yang ada di Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung. Jadi, tidak perlu membangun sirkuit, tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar hingga triliunan, karena Allah telah memberikan alam yang indah di Pesisir Barat ini.

Selain itu, Sandiaga Uno juga menyampaikan terima kasihnya kepada Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), karena beberapa waktu lalu ada atlet Indonesia bernama Rio Waida yang berhasil mengalahkan juara surfing dunia.
Ia menyatakan, ingin memproyeksikan Rio untuk olimpiade di Paris dalam kejuaraan yang akan mendatang. (Mndr/Br)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button