Berita DaerahKabar LampungPolitikWaykanan

Usulan Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 di Way Kanan Sebesar 44,4 Miliar

Way Kanan (Suarapedia.id) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Way Kanan menyampaikan usulan dana biaya pilkada serentak 2024 kepada Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya sebesar 44,4 Miliar.

Ketua KPU Way Kanan, Refki Dharmawan mengatakan bahwa biaya Pilkada 2020 kurang lebih sebesar 23 Miliar. Kenaikan usulan biaya pada pelaksanaan Pilkada tahun 2024 tersebut disebabkan adanya peningkatan standar honorarium badan adhoc dan operasionalnya.

“Penambahan jumlah TPS, serta sosialisasi. Juga kegiatan perjalanan dinas tatap muka yang pada tahun 2020 lalu banyak dilakukan secara daring,” kata Ketua KPU Way Kanan, Refki Dharmawan saat menyampaikan usulan dana hibah Pilkada Serentak 2024 kepada Bupati Way Kanan, Rabu, (8/6/2022).

Refki mengatakan bahwa sesuai ketentuan Pasal 166 UU Nomor 10/2016 bahwa pendanaan Pemilihan Kepala daerah dibebankan kepada APBD.

“Hal ini juga ditegaskan dalam Permendagri 54 Tahun 2019 sebagaimana diubah dengan Permendagri 41 tahun 2020,” katanya.

Dia menjelaskan sesuai dengan arahan KPU RI dan KPU Propinsi Lampung, KPU Way Kanan telah menyusun Rancangan Anggaran Biaya Pilkada 2024.

“Dengan mempedomani petunjuk teknis dan standar biaya masukan yang berlaku,” jelas Refki.

Menurut Refki, seiring dengan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, KPU Lampung telah membicarakan skema sharing anggaran antara KPU provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung.

“Hasil kesepakatan bahwa honorarium operasional yang melekat pada kegiatan KPPS, PPDP dan relawan demokrasi akan dibiayai oleh KPU Provinsi,” ungkap dia.

Sementara itu, Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya akan menindak lanjuti TAPD untuk dibahas bersama. Dia menilai harus ada penyesuaian dari Pilkada 2020 lalu di masa pandemi. Pihaknya juga akan memberi ruang bagi KPU untuk berbagi informasi kepemiluan dalam acara Pemerintah Daerah.

“Misalnya saat Musrenbang, Rakor-rakor maupun bisa juga saat reses Anggota DPRD, KPU bisa ikut turun menjadi narasumber,” ujar Bupati Adipati. (MOES)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button