Bandar LampungBerita DaerahBerita Media GlobalBerita Terkini

RTIK Bandar Lampung Paparkan Kerangka Kompetensi TIK Bagi Pendidik Dalam Webinar Kominfo

Redaksi

Bandar Lampung,(Suarapedia.id) – Webinar Kominfo- RTIK Berkreasi, RTIK Bandar Lampung Paparkan Konsep Kerangka Kompetensi TIK Bagi Pendidik atau Guru

RTIK Bandar Lampung menjadi pembicara dalam webinar yang diselenggarakan oleh Kominfo melalui Kegiatan RTIK Berkreasi. Tema yang diusung yaitu “Digital Skill, Kompetensi Dasar Literasi Digital Sektor Pendidikan “.
Dalam penjelasannya Aliy Hafiz selaku ketua RTIK Bandar Lampung mengatakan bahwa penggunaan TIK dalam pendidikan sudah menjadi keharusan karena zaman yang terus berkembang.

Oleh karena itu kompetensi TIK bagi pendidikan harusnya menjadi perhatian lebih. UNESCO telah membuat suatu kerangka kerja kompetensi TIK bagi pendidik untuk menjadi pedoman.

Dengan adanya pendoman ini harapannya para guru atau pendidik bisa lebih mudah dalam penguasaan TIK dalam pembelajaran.

“Sebelum mengajar, seorang pendidikan sebaiknya sudah memiliki kemampuan dalam penggunaan TIK. Selain itu mendorong siswa agar menggunakan TIK dalam proses pembelajaran sampai bisa kepada tingkat penemuan atau creation, itu lah domain utama dari kerangka kompetensi TIK” imbuhnya.

Webinar dibuka oleh Dirjen APTIKA Kemkominfo Bapak Samuel A Pangerapan, Ketua Siberkreasi Yossy Mokalu, dan Ketua Umum RTIK Indonesia Fajar Eri Dianto.

Dalam webinar tersebut turut hadir pula ketua RTIK Provinsi Lampung, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji yang diwakili oleh Kabag Perencanaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji. Moderator webinar dipimpin oleh Jawara Internet Sehat Provinsi Lampung sekaligus Wakil Ketua RTIK Mesuji.

Sementara ketua RTIK Provinsi Lampung Rifky Indrawan berbicara tentang penguasaan teknologi digital dalam pembelajaran seperti penggunaan Google Workspace. Dimana platform ini sangat berguna dalam pembelajaran karena bisa memudahkan guru dalam memberikan materi dan ujian.

Narasumber yang juga dosen Amik Dian Cipta Cendikia menambahkan bahwasanya diperlukan waktu khusus untuk memaparkan mengenai kerangka kompetensi ICT atau TIK bagi pendidik, karena dalam webinar waktu yang sangat terbatas.

Pihaknya sangat senang jika diajak untuk berdiskusi mengenai kerangka kompetensi ini harena ingin pendidikan di negara Indonesia ini menjadi lebih maju khususnya di Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung. (Red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button